Workshop Penyusunan RPS Mata Kuliah Kurikulum Merdeka

Prodi Sejarah dan Kebudayaan Islam UIN Sunan Kalijaga mengadakan kegiatan Workshop Penyusunan RPS Mata Kuliah Kurikulum Merdeka, dari 9 – 11 Agustus 2022. Kegiatan ini diawali dengan pembukaan dari dekan Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga, Dr. M. Wildan, MA pada pukul 07.30-08.00 WIB. Dalam sambutannya itu, dekan mengapresiasi panitia yang telah bersusahpayah menyusun dan melaksanakan acara tersebut hingga hari pelaksanaan. Pentingnya persamaan persepsi tentang model RPS Merdeka juga menjadi salah satu informasi utama yang dia sampaikan dalam sambutan singkatnya.

Acara ini turut mengundang pemateri, yaitu, Widiyastuti, SS., M.Hum dan dosen UNY, Dr. Supardi, M.Pd. narasumber menyampaikan materi dan memberikan pengantar tentang RPS merdeka yang saat ini sedang didemonstrasikan dalam kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Hal yang dia tekankan adalah bahwa pada beberapa aspek dan bagian, RPS gaya sebelumnya sama seperti RPS merdeka, hanya saja ada beberapa tambahan kecil di beberapa bagian. Bagian penting yang pembicara sampaikan lainnya adalah tentang Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) dan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK), sehingga dari diskusi dan tanya jawab itu para dosen mulai memahami perbedaan diantara kedua hal di atas.

Setelah memberikan penjelasan Panjang lebar tentang RPS Merdeka, para audien menanyakan tentang bagaimana bentuknya RPS merdeka tersebut, dan secara langsung ditampilkan secara jelas bagaimana bentuknya. Dan dari situ kesamaan persepsi mengenai bagian-bagian pembeda dari RPS sebelumnya mulai terbentuk. Selanjutnya masing-masing dosen yang mengampu mata kuliah mulai Menyusun dan menyocokkan dengan RPS contoh dari pemateri. Aktivitas Menyusun RPS kemudian berlanjut dari 9 - 11 Agustus 2022. Di dalam proses itu banyak terjadi perdebatan terkait dengan beberpapa bagian RPS hingga akhrinya dicapailah kesamaan persepsi antar dosen pengampu mata kuliah. Kegiatan hari pertama itu ditutup dengan hamdalah oleh panitia. Hasil dari kegiatan ini adalah kegiatan Input RPS Mata kuliah Kurikulum Merdeka Prodi SKI ke dalam Struktur Kurikulum Merdeka Prodi SKI, sekaligus menjadi acar terakhir dalam rangkaian kegiatan tiga hari itu

Berita Terkait